Tips Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Dokumen-dokumen pribadi adalah sesuatu yang mutlak diperlukan dalam memproses KPR, beberapa dokumen pribadi yang diperlukan adalah :

1. KTP anda & pasangan anda

Sebelum menyerahkan KTP, coba dilihat lagi tanggal berlakunya, bila KTP akan habis masa berlakunya dalam waktu 1 bulan lagi, segera urus perpanjangan KTP anda. Jangan memberikan KTP yang sudah habis masa berlakunya, karena ini akan memperlama proses KPR, karena Bank pasti tidak akan memproses KPR anda dikarenakan Bank menganggap identitas pribadi anda sudah tidak valid lagi, dan Bank akan meminta KTP anda yang terbaru.

2. Kartu Keluarga

Pastikan alamat rumah di kartu keluarga sama dengan alamat rumah yang tertera di KTP, bila belum sama, segera perbaharui data di Kartu Keluarga ataupun di KTP.

3. Akta Nikah

Akte nikah yang diakui oleh Bank adalah akte nikah yang telah terdaftar di catatan sipil ataupun yang telah terdaftar di Kantor Urusan Agama. Beberapa Bank memberikan keringanan, apabila anda belum mengurus akte nikah catatan sipil, bisa diganti dengan akte lahir anak terakhir, sebagai bukti bahwa anda telah menikah, dan bisanaya selanjutnya Bank akan membuat surat pernyataan tinggal bersama yang ditandatangani oleh anda dan pasangan

4. NPWP

Sesuai dengan peraturan BI yang terbaru, setiap peminjam yang mengambil kredit diatas 50 Juta, wajib memberitahukan no. NPWP nya ke Bank. jadi NPWP ini adalah syarat wajib, bila anda belum mempunyai NPWP, uruslah terlebih dahulu.